October 11, 2017

Kenangan 'Roller Coaster' Bersama SNSD

[A VERY LONG POST]


Sepuluh tahun memang bukan waktu yang sebentar. Bayangin aja dari kita kelas satu SMP sampai lulus kuliah S1, tanpa tinggal kelas dan tanpa molor dari delapan semester, satu dekade. Pastinya banyak dong kejadian-kejadian yang kita alami selama rentang waktu selama itu. Mulai dari yang menyenangkan, menyedihkan, konyol, mengharukan, menjijikkan, membanggakan, sampai mematahkan hati labil yang rapuh. Sama sekali nggak sebentar. Paling nggak dari perspektif saya yang sekarang ya.

SNSD sepuluh tahun berkarir di jagat dunia K-Pop, dari mereka remaja sampai sekarang jadi ratunya girl group Korea. Saya nggak ngikutin mereka dari mulai debut memang, tapi mengingat-ingat perjalanan karir mereka kok jadi merinding sendiri. Bukan merinding takut ya, merinding WOW gitu.

Pertama kali dengerin lagu mereka sekitar tahun 2010. Waktu itu saya belum kenal K-Pop. Beberapa teman kuliah saya yang jadi K-Popers duluan hampir tiap hari nonton MV 'Gee' dan 'Genie' di kamar kosan. Mau nggak mau saya ikut nonton. Kesan pertama saya adalah 'ini apa kok nge-dance kakinya dikempit-kempit semua?' Definitely not my style (ya bukan berarti selera saya nge-dance ngangkang-ngangkang juga sih, SNSD ini terlalu girly gitu jadinya kurang suka). Terus pas nonton 'Run Devil Run' saya dikasih tau kalau SNSD ini sepantaran. And I was like.....REALLY??? I thought they were much older! :O

Pernah saya disuruh milih siapa yang paling cantik di antara mereka, katanya biar obyektif karena saya nggak kenal K-Pop. Saya milih Tiffany. Fotonya saya ingat betul yang ini:

Kemudian muncul isu sensitif pada jamannya: eonni cantik hasil oplas. Wooohhh heboh fanwar dimana-mana. *lebay*

Sudah nemu yang bening-bening ternyata belum mempersiapkan hati dengan kemungkinan oplas. Maklum karena mungkin K-Pop masih hitungan baru dikenal di Indonesia dibandingkan Jejepangan. Kubu fans kekeuh kalau mereka nggak oplas tapi efek puber dan makeup. Kubu haters kekeuh mereka oplas. Masing-masing saling bikin video sebagai "bukti" dari pendapat masing-masing.

Saya yang nggak kenal K-Pop begitu disuguhi gambar ini ya langsung wow gila ya ini sih oplas lol. Malah dulu dengan pedenya bilang "kita ini lebih cantik daripada Jessica sebelum oplas loh". WAKAKAKAKAK. Nggak paham.

Begitulah keributan oplas artis K-Pop. Dulu. Sekarang? Kayaknya udah basi ya bahas-bahas oplas. K-Popers jaman now sepertinya lebih chill dan lebih dewasa dibandingkan K-Popers jaman then. Thumbs up!

Barulah di akhir tahun 2011 saya suka K-Pop karena nonton wasit Korsel di AFF dan lanjut nonton drama 'Heartstrings'. Seketika jatuh cinta kepada Jung Yonghwa. 😂 *Kang Minhyuk duluan sih terus belok ke Yonghwa*

Kemudian kepo acara-acara yang ada Yonghwanya. Mulai dari 'Running Man', 'Music Bank', sampai 'We Got Married' (WGM).

Waktu nonton WGM saya gemes sebel sama Seohyun soalnya lagi nge-ship Yonghwa sama Park Shinhye hahaha. Terus lama-lama kok suka sama Seohyun soalnya dia inosen tapi cerdas. Mulai nggak suka kalau Yonghwa digosip-gosipin sama Park Shinhye lol. Labil sekali masa laluku. Ada kali saya nonton WGM YongSeo ini empat kali dan nggak pernah skip episode, selalu berurutan dari awal sampai akhir. Makin sering nonton makin gemes huhuhu YongSeo nikah ya di masa depan ya.

Next 'Running Man' episode khusus Yonghwa. Karena kakak tingkat yang ngasih file 'Running Man' terduga kuat merupakan fans SNSD, maka dia sekalian promosi episode 63-64 yang menampilkan Taeyeon, Jessica, Hyoyeon, Yuri, Yoona, dan Seohyun. Dari sini nih saya mulai ada tendensi ngefans SNSD karena mata Taeyeon bagus banget astagaaa (pada masa itu). Dari sini juga saya sebel sama Jessica lol soalnya buat saya dulu dia ini centil dan menye-menye. Terus mikir juga kenapa Yoona jadi visual? Wajahnya memang cantik tapi nggak yang cantik-cantik khas kayak Suzy misalnya. Pada waktu itu saya mikirnya malah Seohyun yang paling cantik. Habis nonton 'Running Man' dua episode ini juga akhirnya paham sama julukan Black Pearl untuk Yuri.

(Baca juga: KwangYul Karam 2015)

Lambat laun saya mulai ngumpulin lagu-lagu SNSD. Ngejar dari lagu debut, banyak banget ya ternyata. Lalu nge-follow instagram Taeyeon. Waktu itu follower dia masih satu jutaan. Masih suka pakai filter-filter khas instagram. Nonton WGM-nya dia sama Jung Hyungdon juga.
Sampai suatu hari saya tau bahwasanya di jagat K-Pop ada grup namanya 2NE1 lewat lagu 'Lonely' yang sering diputer sama teman kuliah satunya lagi. Wow bertolak belakang sekali dengan SNSD. Dulu nggak tau kalau agensi mereka ini nggak akur. Dulu nggak ngurus lah saya sama urusan begituan. Pokoknya lagunya bagus ya hajar. *apanya yang dihajar?*

[Paragraf berikutnya mungkin akan terkesan lebay. Harap hati-hati.]

Dengerin lagunya 2NE1 tuh rasanya jadi pede, jadi nggak peduli sama standar kecantikan, lebih bebas gitu. Sedangkan kalau dengerin lagunya SNSD saya sendiri (saya sendiri lho ya) ngerasa kalau saya harus jadi cantik, manja, dan anggun yang mana saya nggak bisa LOL. 2NE1 has taught me how to be a strong, though, and independent woman (yes I'm copying Agista's word).

(Baca juga: Quotes by 2NE1 and SNSD)

Sejujurnya hubungan saya dengan SNSD (SOK KENAL LO!) bisa diibaratkan love-hate relationship. Kadang suka kadang enggak. Kalau kamu mau kepo tulisan saya tentang SNSD di blog ini maka akan ketemu beberapa tulisan yang lebay dan beraura negatif. Apalagi di tahun 2014 yang.........hhhhh sudahlah. Sejak ada skandal itu saya nggak suka Taeyeon lagi. Semua lagu-lagu SNSD saya hapus karena males denger suaranya. Saya sisain dua sih, 'Kissing You' sama 'Baby Maybe'. 'Kissing You' karena MV-nya ada Donghae, 'Baby Maybe' karena suka aja.

Oh iya dan tentang Jessica, nggak tau kenapa sejak dia hengkang malah kelihatan makin dewasa dan makin cantik. Saya jadi suka loh hahaha. Karma does exist.

source: Jessica's instagram

Di saat mereka comeback dengan 'PARTY', meskipun dalam keadaan nggak suka Taeyeon, ya tetep aja dengerin lagunya karena enak. Remember I have love-hate relationship with this group. Makin kagum sama mereka pas comeback 'Holiday' dan 'All Night' kemarin. WOW SEPULUH TAHUN!!! THEY ARE ALL LEGEND! *standing applause*

Prediksi-prediksi masa depan mereka mulai diutarakan netizen, siapakah yang akan bertahan di SM? Saya bacanya di netizenbuzz WKWKWK, banyak yang bilang kalau misalnya ada yang nggak memperpanjang kontrak dan dia akan tetap survive di industri hiburan Korea Selatan adalah Taeyeon karena jelas suaranya mumpuni. Menyusul Yuri, Yoona, dan Sooyoung sebagai aktris. Sementara itu Hyoyeon, Sunny, dan Seohyun dinilai sama netizen sebagai member-member yang nggak bisa bertahan kalau nggak dinaungi SM. Saya sih nggak tau mendalam tentang Hyoyeon dan Sunny ya, cuman kalau Seohyun menurut saya dia bisa lho lanjut kuliah terus jadi akademisi.

Saat hari-H tiba, seperti yang kita ketahui bersama, ada tiga member yang nggak memperpanjang kontrak dengan SM. SNSD sih sampai saat ini katanya nggak bubar, hanya saja tinggal lima member. Seohyun sih yang paling bikin kaget tapi nggak kaget lagi begitu baca ini:



Sejauh saya mantau twitter dan instagram, banyak yang patah hati. Saya sendiri waktu tau berita ini juga agak gimana gitu tapi terus biasa aja karena ya mereka kerja. Ini dunia kerja. Kalau kata Ron "professional not personal".

Untuk yang masih sekolah atau kuliah, wajar aja kalau patah hati dan berharap mereka bersatu kembali dan nggak suka kalau fans lain b aja nggak ikut potek. Wajar. Nanti kalau kalian udah kerja pasti ngerasain sendiri kok, tenang aja. Kalian pasti akan tegar dan lapang dada kalau di masa depan GFRIEND, TWICE, BLACKPINK, atau Red Velvet pada bubar jalan satu-satu karena kontraknya habis. Trust me, it works. *bukan promosi susu sixpacks*

Untuk menutup postingan panjang lebar hari ini, saya mohon maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan. Saya bukan haters SNSD.

Have a nice day!


*

No comments :

Post a Comment

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top